Kamis, 27 November 2008

Memilih Bass 2nd

Saat kita mo beli bass 2nd, jangan terpengaruh dengan merk bass tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bass 2nd

Body
Body tidak terlalu berpengaruh. Apakah warnanya sudah usang atau masih bagus, tapi yang penting tidak boleh retak.

Neck
Selama neck hanya cembung atau cekung tidak masalah, karena masih bisa diluruskan. Tapi kalo neck-nya melintir, mendingan dipikirkan dulu karena harus ganti neck baru.

Fret
Untuk fret harus dicek satu persatu, apakah miring atau tidak/aus atau tidak. Karena akan mempengaruhi nada yang dihasilkan.

Karakter sound
Untuk memeriksa bass 2nd yang akan kita beli, hal pertama yang harus kita lakukan adalah kita cek sound-nya. Sound yang saya maksud disini adalah lebih ke karakter bass tersebut, sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak, karena jika kita mencoba bass second tersebut yang otomatis masih menggunakan senar lama, hasilnya bisa jadi akan terpendam dan ini bukan berarti sound dari bass bekas tersebut “jelek”.
Perlu diketahui, bedanya sound dan karakter adalah: karakter merupakan bagian dari sound. Dimana sudah saya jelaskan sebelumnya, bila sound kurang jelas (bisa disebabkan oleh senar usang) bukan berarti bass tersebut memiliki karakter yang tidak bagus. Yang benar adalah karakter sound tetap terlihat hanya tidak maksimal. Jadi jangan langsung memvonis sound bass bekas tersebut jelek hanya karena kita baru mencoba.

Circuit
KOmponen elektroniknya juga harus diperhatikan. Apakah ada kabel yang kendor atau lepas. Cek juga potensionya, karena jika potensio kotor akan menyebabkan noise, begitu juga dengan lubang jacknya harus kita cek.

Pickup
Pastikan kabel yang terhubung ke pickup tidak lepas atau kendor. Cek baut yang mengikat pickup. Jika pickup terlalu banyak goyang akan mengakibatkan noise maupun cepat putusnya kabel penghubung pickup.

Yang terkahir coba satu-satu pick up neck, kemudian bridge, dan gabungan kedua-duanya apakah masih berfungsi atau tidak.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Ivana mengatakan...

wuih,,thx ya atas infonya..

Therockline mengatakan...

berarti kalo mau amannya kita harus buka2 dl ya bang .. ?

trus kalo misalnya kita mau beli bass 2nd lewat internet,, kira2 tipsnya gmn ya bang ... makasi sebelumnya .. :)